Perbedaan Batik Tulis dan Batik Cap

perbedaan batik tulis dan batik cap

Batik adalah warisan adiluhung Nusantara yang tercipta dari sebuah rasa dan tergores diatas kain sehingga tercipta motif yang tersirat banyak filosofinya. Berdasarkan cara pembuatannya, proses batik di bagi menjadi 3 yakni batik tulis, cap dan printing. Batik printing bukan termasuk batik, melainkan motif batik. Karena dalam proses pembuatannya tidak menggunakan canting dan lilin malam.

 

Banyak pembeli yang kurang memahami perbedaan batik tulis dan batik cap. Untuk menghindari kesalahan penjual dalam membedakannya, tak ada salahnya Anda tahu perbedaannya.

 

Perbedaan secara mudah kedua batik tersebut adalah dengan melihat kerapian, teknik pembuatan dan harganya. Untuk masalah warna kain, batik tulis dan batik cap memiliki warna yang sama bergantung pada tinta produksinya.

 

Jika Anda menemukan batik cap dengan bagian belakang tidak sejelas warna bagian depan, bisa dipastikan dalam tekniknya menggunakan lilin malam dingin atau printing. Cium aroma dan tekstur kain untuk memastikan kain tersebut memang batik cap.

 

Yuk simak perbedaan batik tulis dan batik cap dengan mudah.

 

Kerapian Motif Batik

perbedaan paling mencolok adalah pada bagian motifnya. Batik tulis memiliki motif yang tidak stabil atau tidak sama dalam satu kain batik. Perbedaan pada setiap motif di satu kain batik tulis dikarenakan menggunakan canting tangan atau dilukis secara manual.

 

Berbeda dengan batik cap, yang proses pembuatannya menggunakan canting pola. Motif batik cap memiliki pola yang sama persis karena memang menggunakan pola. Untuk warna pada batik tulis dan batik cap sama, bergantung tinta warna yang ditorehkan pada kain.

 

Untuk menghindari kelunturan, warna batik di kunci dengan waterglass dan kemudian diproses pewarnaan lain.

 

Cara mudah membedakan tahap ini

Batik tulis : motif dalam satu kain berbeda

Batik cap : motif dalam satu kain sama

 

Teknik Pembuatannya

Perbedaan kedua adalah dari tahap atau proses pembuatannya. Proses batik tulis menggunakan canting tangan untuk penggambaran motifnya. Termasuk untuk menutup warna saat mewarnai kain dengan warna lain.

 

Sedangkan batik cap menggunakan canting pola dengan lilin malam. Jadi kain batik cap cenderung bisa memiliki motif yang sama.

 

Baca Juga : Keunggulan Kain Batik Tulis

 

Perbedaan Harga Kain Batik

Cara membedakan kedua batik tersebut adalah harga. Harga batik tulis lebih mahal daripada batik cap karena melalui proses pembuatan yang lama. Perbedaan keduanya terpaut antara 300 rb -1 juta dengan kain yang sama.

 

Bahan ATBM dan katun menjadi bahan yang paling banyak diminati oleh pecinta batik karena bahannya yang nyaman dan unik. Harga batik cap berkisar antara Rp. 150.000 – Rp 600.000, sedangkan batik tulis berkisar antara Rp. 500.000 – Rp. 10.000.000 bergantung pada kerumitan motifnya.

 

Semakin banyak warna pada batik tulis semakin tinggi harganya.

 

Berikut 3 perbedaan yang bisa Anda kenali untuk membedakan kualitas dan jenis batik sebelum membeli batik. Penting paham sebelum membeli batik untuk memastikan batik yang Anda beli sesuai dengan harapan.

 

Pesan Seragam Batik Berlogo | Seragam Batik Custom

Seragam Batik berlogo

 

Semoga membantu,

Batik Omah Laweyan

 1,738 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Hubungi Kami